Tokoh Musik Reggae

Tokoh Musik Reggae - Sarat akan musik bertema sosial, perdamaian, dan penuh cinta masuk dalam kemasan aliran musik yang bernama Reggae.Musik yang berasal dari Jamaika ini memasukkan ketukan putus-putus, strumming gitar ke atas, serta vokal yang bergaya seperti khutbah.

Itulah sekilas pemahaman saya mengenai Reggae ini. Ketika orang ditanya, siapakah raja nya Reggae itu? mungkin banyak yang akan mengatakan Bob Marley. Selain Bob Marley, tentu banyak musisi dunia termasuk Tanah Air yang memilih musik reggae sebagai alirannya. Berikut adalah sebagian tokoh yang lekat dengan musik Reggae:

Bob Marley
Siapa yang tidak kenal dengan pria bernama lengkap Robert Nesta Marley. Ya, dia adalah pelopor lahirnya musik reggae yang akrab ditelinga kita dengan nama Bob Marley. Pria kelahiran Jamaika, 06 Februari 1945 ini sukses memperkenalkan musik reggae ke seluruh belahan dunia.

Selain beberapa album yang telah dirilisnya, Bob Marley juga pernah menyabet beberapa penghargaan berkat reggaenya ini. Seperti Grammy Lifetime Achievement Award, Hollywood Walk of Fame, dan berbagai penghargaan lainnya.

Selain reggae sebagai musiknya, Bob Marley juga membawa aliran ini untuk mempromosikan kebudayaan serta perdamaian di Jamaikan ketika itu.

Peter Tosh
Peter Tosh lahir dengan nama asli Winston Hubert McIntosh di Grange Hill, Jamaika, 9 Oktober 1944. Sedikit berbeda dengan Bob Marley yang idealis, Peter Tosh menyebut dirinya sebagai seorang revolusioner. Ia bahkan dijuluki sebagai "Steppi Razor" lantaran kebenciannya terhadap politik.

Sayang, Peter  Tosh wafat di tahun 1987. Meninggalnya Peter Tosh ini disebabkan oleh aksi perampokan yang dilakukan Dennis Lobban dkk.

Imanez "Si Anak Pantai"
Imanez lahir dengan nama lengkap Abdul Firman Saad. Dia merupakan salah satu inspirator pecinta musik reggae di Indonesia. Berkat keahliannya dalam bermusik, Imanez mampu memberi warna dalam industri musik di era 1990-an.

Imanez merupakan mantan vokalis dan bassist dari grup musik beken di Indonesia, Slank, sebelum masuk rekaman di tahun 1987.

Selain Anak Pantai, beberapa lagu berirama reggae telah diciptakannya. Seperti Ikan Bakar, Sunset, Tequila Sunrise, Playboy, Tropikal Rembulan dan Samalona.

Tony Q Rastafara
Lahir di Semarang, Jawa Tengah, 27 April 1961 dengan nama Tony Waluyo Sukmoasih, Tony Q Rastafara tak dapat dilepaskan dari perkembangan musik reggae di Indonesia.

Bahkan, ia cukup berhasil ketika memadukan musik reggae dengan musik tradisional khas Indonesia. Sebagai bukti, salah satu lagu yang berjudul Pat Gulipat, berhasil masuk dalam album kompilasi musim dunia. Dengan kehebatannya dalam bermusik reggae ini, Tony Q dan bandnya, Rastafara, mampu mengharumkan musik reggae Indonesia di kancah internasional.

Steven and Coconut treez
Musik reggae semakin dikenal di Tanah Air dengan datangnya grup band satu ini. Dengan lagu-lagu yang bertemakan sosial seperti pada umumnya musik reggae, album milik Steven and Coconut treez mendapat respon positif dari pecinta musik tanah air.

Di album terakhir, Feel The Vibration (2010), Steven kembali hadir dengan side project bernama Steven Jam. Irama reggae yang disertai dengan distorsi dan brass menonjol dalam album ini.

Ras Muhamad.
Dia lahir dengan nama Muhamad Egar. Sewaktu melakoni pendidikan di Brooklyn, pria kelahiran 29 Oktober 1982 ini kemudian mengganti namanya menjadi Ras Muhammad. Kata Ras sendiri bermakna Bung dalam kosa kata bahasa Jamaika.

Ditengah-tengah studinya tersebut, Ras mulai mengenal musik reggae di Amerika. Bahkan, akibat keseringan nongkrong dan bermusik reggae, studinya harus molor setahun. Pada tahun 1999 Ras Muhammad mulai menggimbal rambutnya.

Sepulangnya ke Indonesia pada 2005 silam, Ras langsung tancap gas dengan membuat album. Seperti Declaration of Truth (2005), dan Reggae Ambassador (2007).

Masih banyak tokoh lain dalam musik Reggae ini. Seperti Lee "Scratch' Perry, Pablo Musa, Shaggy, dan masih banyak lagi.

Dreadlock Rasta

Dreadlock Rasta - Seperti tulisan-tulisan saya sebelumnya, banyak orang yang salah kaprah menanggapi rambut gimbal selalu identik dengan musik reggae atau reggae-mannya. Rambut gimbal atau yang sering biasa disebut dengan istilah “Dreadlocks”, lahir jauh sebelum musik reggae bergema di seantero jagad. Mungkin yang menjadi patokan penilaian orang bahwa gimbal selalu reggae ataupun sebaliknya, adalah sosok bapak Reggae itu sendiri, yakni Robert Nesta Marley atau ngetrendnya Bob Marley.

Banyak sejarah yang mendahului lahirnya rambut gimbal sebelum santernya musik reggae. Diantaranya dari Mesir Kuno. Konon, Raja Fir’aun saat itu (2500 SM), Tutankhamen, juga tengah memelihara rambut gimbal. Rambut gimbal juga terlihat pada sosok Dewa Shiwa dalam Agama Hindu. Bahkan di Indonesia sendiri seperti yang telah dinyanyikan Bung Tony Q Rastafara dalam lagu Rambut Gimbal, khususnya di daerah Pegunungan Dieng Jawa Tengah, sampai saat ini mungkin masih ada tentang adat memelihara rambut gimbal untuk si bayi sebagai ungkapan tradisional spiritualitas. Dari sejarah lainnya, Gyani dan Tapasvi sekte yang ada di India, memaknai rambut gimbal sebagai pengingkaran kepada penampilan fisik yang semu. Tidak hanya itu, rambut gimbal, dalam kisah tradisionalnya, dipercaya mampu meningkatkan kekuatan daya tahan tubuh. Keyakinan ini didasari atas pemahaman bahwa energi mental dan spiritual dapat keluar melalui ubun-ubun dan rambut, apabila rambut berbelit dan terkunci, maka dipercaya kekuatan tubuh akan bertahan didalamnya.

Kemudian, datanglah sosok Marcus Garvey di Afrika yang mensosialisasikan rambut gimbal ini. Dia (Marcus) mengajarkan religi serta penyadaran identitas kulit hitam melalui UNIA. Dari sinilah, istilah “Dread” muncul. Para pengikut Garvey menggunakan istilah ini untuk rambut gimbal. “Dread” mereka maknai sebagai tanda hormat kepada Tuhan. Kata “Dreadlocks” yang dimaksudkan adalah tatanan rambut yang terkunci para Dread itu sendiri. Dreadlocks semakin banyak dan disosialisasikan semenjak ajaran Rastafarianisme (1930an) menjadi tonggak religi kaum Dread. Dan disini, Dreadlocks menjadi simbol pelengkap para Rastaman.
Dreadlocks juga menjadi simbol perlawanan dan ketidakpuasan rasta-rasta kepada pemerintaahan di Jamaika saat itu. Kelompok “Balhead” (kulit putih dan rambut pirang) dan Rasta juga dibedakan dengan rambut gimbal. Kaum “Balhead” ini mereka (rasta) samakan dengan kaum penguasa dan penindas atau “Babylon”. Karena perkemahan rasta di tutup oleh pemerintah di tahun 1960an, maka kaum rasta berpindah ke Kota Kingston. Dan dari sini jugalah, Bob Marley dengan reggae yang disertai dengan rambut gimbalnya semakin populer. Akhirnya, pada saat itu rambut gimbal secepat kilat menjadi trendsetter dalam dunia hair fashion.
Pada intinya, “Dreadlocks” bukan hanya sebagai trend, tetapi juga sebagai bentuk dan gambaran protes atas ketidakadilan, anti kekerasan dan penindasan, anti kemapanan dan solidaritas, dan tentu saja selalu cinta akan perdamaian. Peace, Love, and Respect, One Love One Heart. Woyyo Man.

Sang Revolusioner Rastafari

Sang Revolusioner Rastafari - Beberapa kali meteor dan bintang menyemburkan cipratan cahaya yang indah. Cahaya itu muncul dari gesekan meteor dengan atmosfer bumi. Malam itu terasa berbeda dengan malam-malam biasanya. Itulah, mungkin langit sedang berbicara bahwa seseorang akan hadir menjadi legenda. Tak pelak, pagi dini hari, Rabu 6 Februari 1945, telah lahir bayi dari seorang rahim seorang petani wanita, Cedella Broker. Robert Nesta Marley lahir kedunia di desa St.Ann kampung Nine Miles di balik lembah pegunungan negeri Jamaika.

Robert Nesta Marley atau Bob Marley ini lahir di tengah kondisi ekonomi Jamaika yang sedang kacau. Kemiskinan mengiringi suasana Bob Marley sedari kecil. Hari-harinyapun terlihat semakin rancu. Apalagi tidak adanya sosok seorang ayah. Sang ayah, Norval Sinclair, seorang kapten tentara Inggris meninggalkannya sejak ia masih kecil. Kehidupan keduanya, Bob Marley dengan sang ibu, berjalan dengan terseok-seok dengan keadaan ekonomi yang tak karuan. Tapi hal ini, tidak membuat ketegaran Marley muda menjadi runtuh. Ia selalu mendengarkan nasihat ibunya. Sosok ibu sangat ia kagumi karena ketegaran sang ibu dalam mengasuh Bob Marley hingga ia dewasa.10 Februari 1966, Bob Marley kehilangan ”keperjakaannya” alias menikah dengan Rita Anderson. Marley yang masih tergolong muda, 21 tahun, menikah dengan Anderson yang juga tak kalah muda, 19 tahun. Dari perkawinannya ini, terlahir marley junior, David Marley yang lebih sering kita dengar dengan nama Ziggy Marley.

Kerasnya jalanan Trench Town menjadi awal perjalanan karier sang legenda. Marley muda sering keluar masuk bui akibat dari tindakannya yang selalu mengkonsumsi ganja. Karena pada saat itu belum ada legalisasi tentang ganja di ranah jamaika. Jalanan keras kota Gettho yang dipenuhi dengan berandalan seakan membuat marley semakin berkharisma. Meskipun mempunyai perawakan yang cukup kecil, sang legenda ini tetap dihargai oleh berandal-berandal. Tidak ada yang berani mengganggu Bob. Di jalanan, Marley bersama dengan Bunny Livingston sering mangkal sambil bermain musik, memukul gendang, dan membuat lirik spontan seperti cara mereka dalam menghisap ganja. Awalnya musik yang mereka ciptakan lebih tergolong dengan musik bergenre RnB yang digandrungi pada saat itu. Lama kelamaan RnB mulai memudar dan beralih ke aliran ska kemudian muncullah genre musik santai, Reggae. Marley semakin mencintai musik jenis ini, bersama Livingston tentunya. Dari musik ini, terciptalah musik reggae. Dan reggae ini membawa marley berteman dengan seorang pemain gitar Winston Macintosh atau dengan nama kerennya Peter Tosh. Kedua orang ini sangatlah seragam. Sama-sama penggila ganja. Bersama-sama mereka, akhirnya terciptalah sebuah band dengan nama The Wailers. Nama Bob Marley semakin membahana didunia ditambah dengan hadirnya band ini.
Dalam konser yang bertema ”One Love Peace Concert” yang diadakan di Jamaika 22 April 1978, sosok Bob Marley sangat dielu-elukan. Kehadirannya semakin membuat semua orang bangga ketika Marley berhasil menyatukan kedua tangan pejabat yang saling berseteru saat itu, Perdana Menteri Michael Manley dan pemimpin partai oposisi JLP, Edward Seaga. Konser berhasil menyatukan kedua petinggi ini tak lepas dari tindakan hati mulia seorang legenda, Bob Marley. Hal ini sebenarnya ditujukan agar keamanan kota kingston lebih stabil dan tenang. Dengan kejadian ini, nama bob marley semakin santer ditelinga seluruh orang sejagad.
Bob Marley dan ganja adalah sahabat. Jika salah satu tidak hadir diantara keduanya, maka salah satu akan terasa kosong dan hambar. Pada saat setelah sebuah konser di New York selesai dilakoni bob marley and The Wailers, tepatnya hari minggu 21 September 1980, Bob Marley berencana untuk jogging. Saat itu hari sudah siang yang panas, Bob Marley lari-lari kecil di Central Park, New York. Di tengah-tengah kegiatannya ini, tiba-tiba Bob Marley tejatuh.setelah kejadian ini, badannya mendadak lemas tak berdaya. Akhirnya ia merujuk kepada dokternya, Alain Cole dan Dr. Frazier. Setelah di sinar x, barulah di ketahui bahwa Bob Marley menderita Stroke di otak yang juga telah tumbuh tumor akut setelah terjatuh tadi. Tapi dengan keadaan yang lemah ini, Bob Marley tetap ingin melanjutkan konser tour Amerikanya sampai selesai. Pada tanggal 22 September, seluruh anggota The Wailers Dan The I Threes tengah bersiap-siap menuju Pittsburgh untuk konser berikutnya. Bob Marley belum muncul karena kondisinya yang masih lemah. Tetapi Bob bilang jika dia akan menyusul mereka dalam penerbangan berikutnya.
Setelah tiba di Pittsburgh, akhirnya Marley menepati janjinya. Bob Marley malam itu menyanyikan sebuah lagu yang mungkin menjadi legenda sampai sekarang, Redemption Song. Bob Marley bernyanyi tanpa iringan apapun karena semua personil dan penonton terhentak dengan tampilnya marley yang masih kelihatan pucat. Malam itu seakan menjadi malam terakhir sang legend bernyanyi. Setelah selesai bernyanyi keadaan menjadi hening. Penonton dan The Wailers hanya dapat terdiam sambil menatap hangat marley. Paginya, keadaan Bob Marley semakin lemah dan pucat. Akhirnya Bob Marley menghilang dari publik untuk dibawa ke Jerman Barat, ke pusat terapi kanker milik Dr. Josef Issels. Setelah beberapa bulan dirawat, para dokter menyimpulkan bahwa bob marley tidak mampu di sembuhkan lagi. Menghilangnya Bob Marley ini menyebabkan munculnya kabar jika Bob Marley telah mati. Hari-hari terakhirnya pun masih dihabiskan dengan menghisap ganja sambil membaca injil yang digenggamnya. Dasar Bob Marley, meskipun ia tahu akan mati, tapi tetap saja menghisap ganja. Karena untuk memudahkan operasi, rambut gimbalnya pun terpaksa dibabat habis.
Dan pada tanggal 11 Mei 1981, Bob Marley meninggalkan dunia untuk selama-lamanya. Semua orang seketika itu matanya jatuh berlinangkan tetesan air mata, tak percaya bahwa sang pujaan telah meninggal. Bob Marley menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit Cedars of Lebanon di Miami. Rakyat Jamaika menginginkan jenazah sang legenda dimakamkan di tanah kelahirannya, St. Ann, Jamaika. Seminggu setelah kematiannya, jasad sang revolusioner itu tiba di Jamaika. Diringi jutaan rakyat Jamaika, jasad dibawa ke gereja untuk didoakan yang dipimpin langsung oleh Edward Seaga. Setelah doa selesai, jasad sang legenda dibawa ke St Ann Nine Miles dan dikebumikan di sebuah bukit yang terletak tak jauh dari tempat kelahirannya. Pemerintah jamaika memberinya penghargaan tertinggi di negernya dengan gelar tertinggi sebagai ”The Jamaican Order Of Merit”.
Tak terasa, 2009 ini Bob Marley sudah 28 tahun meninggalkan dunia ini, tetapi kharisma dan warisannya tetap bersinar serta sungguh tak ternilai. Selamat jalan bapak inspirasiku. Rest in Peace.

Tips Merawat Rambut Gimbal

Tips Merawat Rambut Gimbal - Reggae memang kerap identik dengan gaya rambut gimbal. Gaya rambut semacam ini bisa disebut dengan dreadlocks. Namun, bagi kebanyakan orang, memiliki rambut gimbal akan cukup sulit dalam melakukan perawatan. Berikut adalah tips untuk merawat rambut gimbal seperti dikutip dari indoreggae.com.

1. Para pakar rambut menyarankan agar tidak membasahi rambu selama empat hingga enam minggu setelah rambut digimbal. Dalam waktu tersebut, kulit kepala akan terasa gatal dan sangat kotor. Untuk mengatasinya, pilih produk perawatan kulit kepala yang tidak menyumbat pori, seperti anti-itch scalp oil dan organic root stimulator herbal cleanser. Selanjutnya, tuangkan dua produk tersebut masing-masing sebanyak satu tetes pada sehelai kapas lalu oleskan sedikit demi sedikit ke kulit kepala.

2. Ketika masa awal penggimbalan, minta bantuan profesional dalam melakukan perawatan agar rambut tetap terlihat rapi dan terawat.

3. Agar rambut tidak kusam, jauhi produk yang mengandung kadar minyak cukup tinggi, seperti petroleum jelly dan petroalum. Produk tersebut dapat berakibat pada penumpukan residu yang bisa merusak gimbal.

4. Banyak pemahaman yang mengatakan bahwa lilin (wax)membantu merawat rambut gimbal. Namun, hal ini sangat tidak disarankan karena wax dapat menyebabkan penumpukan residu dan ujungnya bisa menumpuk debu disela-sela rambut. Sebagai gantinya adalah minyak alami rambut seperti patchouli atau essential oils seperti tea tree oil, rosemary oil atau jojoba oil.

5. Agar gimbal tak rusak, sebaiknya gunakan penutup yang longgar terbuat dari satin atau sutra ketika hendak tidur. Selain itu, bahan polyster juga pilihan yang baik karena rambut tetap dapat bernafas meski dalam keadaan tertutup.

6. Frekuensi keramas dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ketika membasuh kulit kepala, pijat secara lembut agar gimbal tidak kusut.

7. Untuk shampoo, pergunakan produk yang mampu menjaga kelembapan alami serta menjaga keasaman rambut.

Lirik Lagu No Woman No Cry

Lirik Lagu No Woman No Cry - Mungkin, lagu yang satu ini sudah banyak didengar oleh pembaca sekalian. Lagu ini dipopulerkan oleh sang empu musik Reggae, Robert Nesta Marley atau yang akrab disapa Bob Marley. No Women No Cry, bagi saya, memiliki kedahsyatan dalam liriknya. Hmmm, apa ya itu? coba simak liriknya yah, dan temukan apa yang saya maksud :D

Said said
Said I remember when we used to sit
In the government yard in Trenchtown
Oba, ob-serving the hypocrites
As they would mingle with the good people we meet
Good friends we have had, oh good friends we've lost along the way
In this bright future you can't forget your past
So dry your tears I say

Reff

No woman, no cry
No woman, no cry
Oh my Little sister, don't she'd no tears
No woman, no cry

Said, said, said I remember when we used to sit
In the government yard in Trenchtown
And then Georgie would make the fire light
Log wood burnin' through the night
Then we would cook corn meal porridge
Of which I'll share with you

My feet is my only carriage
So I've got to push on through
But while I'm gone...

Everything's gonna be alright
Ev'rything's gonna be alright
Ev'rything's gonna be alright
Ev'rything's gonna be alright
Ev'rything's gonna be alright
Ev'rything's gonna be alright
Ev'rything's gonna be alright
Ev'rything's gonna be alright

No woman, no cry
No, no woman, no woman, no cry
Oh, little sister, don't she'd no tears
No woman, no cry

No woman, no woman, no woman, no cry
No woman, no cry
Oh, my little darlyn no she'd no tears
No woman, no cry, yeah
any sister no she'd no tears, no women no cry

No woman no cry, no woman no cry
No woman no cry, no woman no cry

Say, say, said I remember when we used to sit
In a government yard in Trenchtown
Obba, obba, serving the hypocrites
As the would mingle with the good people we meet
Good friends we have, oh, good friends we've lost
Along the way
In this great future,
You can't forget your past
So dry your tears, I say

No woman no cry, no woman no cry
Little darling, don't she'd no tears, no woman no cry
Say, say, said I remember when we used to sit
In the government yard in Trenchtown
And then Georgie would make the fire light
As it was, love would burn on through the night
Then we would cook cornmeal porridge
Of which I'll share with you
My fear is my only courage
So I've got to push on thru
Oh, while I'm gone

Everything 's gonna be alright, everything 's gonna be alright
Everything 's gonna be alright, everything 's gonna be alright
Everything 's gonna be alright, everything 's gonna be alright
Everything 's gonna be alright, everything 's gonna be alright
So woman no cry, no, no woman no cry
Oh, my little sister
Don't she'd no tears
No woman no cry
I remember when we use to sit
In the government yard in Trenchtown
And then Georgie would make the fire lights
As it was, log would burnin' through the nights
Then we would cook cornmeal porridge
Of which I'll share with you
My fear is my only courage
So I've got to push on thru
Oh, while I'm gone
No woman no cry, no, no woman no cry
Oh, my little darlin'
Don't she'd no tears
No woman no cry, No woman no cry

Oh my Little darlin', don't she'd no tears
No woman no cry
Little sister, don't she'd no tears
No woman no cry

Karakteristik Musik Reggae

Reggae dimainkan 4/4 ketuk or swing time karena pola berirama simetris tidak lend sendiri pada signatures yang lain seperti pada 3/4 ketuk. Harmonically, musiknya biasanya simpel, dan terkadang sepanjang lagu tidak lebih dari more satu atau 2 chords. struktur chord simple ini menambah efek hipnotis reggae.

DRUM
Suatu standar drum kit umum digunkan di reggae, namun the snare drum di tune sangat tinggi untuk memberikan sebuah suara timbales-type. Terkadang si drummer reggae menggunakan seorang additional timbale atau high-tuned snare untuk mendapatkan suara ini. Tehnik Cross-stick pada snare drum umum digunakan, dan tom-tom drum juga tergabung dalam drumbeat itu sendiri.

Reggae drumbeats jatuh kedalam 3 kategori utama: One drop, Rockers dan Steppers. Dengan One drop, penekanan sepnuhnya pada beat ke-3 dari bar (biasanya pada snare, atau sebagai kombinasi rim shot dengan bass drum). Beat satu seluruhnya kosong, yang biasanya popular dimusik. Ada beberapa kontroversi tentang sebaiknya reggae diteruskan, jadi beat ini jatuh pada hitungan ke 3, atau jika tidak seharusnya diteruskan setengah sesuai kecepatan, sehingga jatuh pada 2 dan 4.

Leroy "Horsemouth" Wallace menyebut beat ini "two-four combination". Beberapa masukan Carlton Barrett dari The Wailers sebagai pencipta gaya ini. Satu contoh dimainkan oleh Barrett dapat didengar di lagu Bob Marley dan Wailers "One Drop". Barrett yg biasa digunakan adalah sebuah triplet cross-rhythm biasa pada hi-hat, yang dapat didengar pada beberapa rekaman oleh Bob Marley and the Wailers, seperti "Running Away" pada album “Kaya“.

Sebuah Beat pada 3 beat ada dalam semua reggae drumbeats, tapi dengan beat-beat rocker, penekanan juga pada beat satu (biasanya pada bass drum). beat ini diawali oleh Sly dan Robbie, yg kemudian membantu membuat suara "Rub-a-Dub" yang sangat dipengaruhi dancehall. Contoh jadi dari gaya ini ditemukan dalam Drumming oleh Sly Dunbar pada "Right Time" oleh Mighty Diamonds. Rockers beat tidak selalu polos, dan berbagai syncopations juga dimasukkan. Sebuah contoh dapat didengar pada lagunya Black Uhuru "Sponji Reggae."

BASS
Bass guitar sering dimainkan dengan peran yang mendominasi pada reggae, dan drum berasama bass sering disebut dengan The riddim (rhythm). Beberapa penyanyi reggae telah mereleas lagu yang berbeda dari yang direkam dengan irama sama. Peran utama dari bass dapat sering terdengar pada musik dub —yang memberikan sebuah peran besar pada baris drum dan bass, mengurangi vokal dan instrumen lainnya untuk peran perifer.

Suara bass pada reggae adalah “thick” dan “heavy”, dan equalized pada frequencies tinggi dihilangkan dan frequencies rendah ditekankan. Baris bass sering simpel pada 2-bar riff yang dipusatkan nada thickest and heaviest-nya.

GITAR
Gitar pada reggae biasanya memainkan chords pada beats 2 dan 4, tokoh musik mengenal ini dengan skank atau the 'bang'. Hal ini memiliki sangat basah, pendek dan suara scratchy chop (serak), hampir seperti instrument perkusi. Terkadang sebuah double chop digunakan ketika guitar masih memainkan beat mati (off beat), tapi juga memainkan 8 ketukan berikut pada up-stroke.

Sebagai contoh pada intro di lagu "Stir It Up" oleh The Wailers. Artist dan producer Derrick Harriott mengatakan, “Yang terjadi adalah sesuatu pada musik itu sangat luas, tapi hanya untuk antar orang-orang tertentu. Hal ini selalu sesuatu yang down-town, namun lebih dari dari sekedar mendengar. Peralatan sangat berkuasa dan getaran begitu kuat hingga kita terasa.”

KEYBOARD
Dari ahir 1960an terus sampai awal 1980an, sebuah piano umum digunakan pada reggae untuk men-double skank rhythm guitar, memainkan chords di gaya staccato untuk menambah isi, dan memainkan beat-beat extra occasional, runs dan riffs. Bagian piano banyak diambil alih oleh synthesizer sekitar 1980an, meskipun synthesizers telah digunakan dalam sebuah peran peripheral sejak 1970an untuk memainkan melodi-melodui incidental dan melodi-melodi counter.

Band-band besar dapat meliputi baik seorang additional keyboardist, untuk meng-cover atau mengganti horn/terompet dan baris melody, atau keyboardist utama mengisi peran ini pada 2 atau lebih keyboards.

Reggae-organ shuffle unik untuk reggae. Secara khusus, sebuah suara gaya Hammond organ digunakan untuk bermain chords dengan sebuah rasa yang berubah (choppy feel). Hal ini dikenal dengan The bubble. Ada pengaturan drawbar spesifik digunakan pada konsol Hammond untuk mendapatkan suara yang benar. Hal ini mungkin rhythm keyboard reggae tersulit. Beat ke-8 dimainkan dengan sebuah pola space-left-right-left-space-left-right-left, dimana spaces mewakili downbeats tidak dimainkan.

TEROMPET
Bagian Horn sering digunakan di reggae, serng meminkan introductions dan counter-melodies. Instrument yang termasuk dalam khas bagian terompet reggae diantaranya saxophone, trumpet atau trombone. Dalam beberapa waktu ini, horns/ terompet sesungguhnya kadang digantikan dalan eggea dengan synthesizers atau contoh rekaman. Bagian horn sering diatur di sekitar terompet pertama, memainkan sebuah melodi simple atau counter melody.

Terompet pertama biasanya ditemani oleh terompet ke-2 yang memainkan melodic phrase yang sama pada unision, satu oktaf lebhi tinggi. Terompet ke 3 biasa memainkan melody sabuah oktaf dan yang kelima lebih tinggi dari terompet pertama. horns umumnya dimainkan cukup lembut, biasanya menghasilkan suara menenangkan. Namun, terkadang punchier, frase keras yang dimainkan untuk suara lebih up-tempo dan agresif.

VOKAL
Vokal  dalam reggae kurang khas pada genre dibandingkan instrumentation dan rhythm, seperti hamper semua lagu dapat dibawakan didalam reggae style. Meski demikian, hal ini sangat umum untuk reggae untuk dinyanyikan dalam logat Jamaika, Jamaican English, dan dialek lirik. Bagian Vocal harmony sering digunakan, baik seluruh melodi (seperti dengan bands contohnya the Mighty Diamonds), atau sebagai lagu pengiring lagu lain untuk vocal utama (seperti dengan backing group I-Threes).

Reggae Inggris, Steel Pulse menggunakan vokal latar sangat yang kompleks. Sebuah Aspek pada Penyanyi reggae yang banyak penyanyi menggunakan tremolo (osilasi volume) daripada vibrato (pitch oscillation). Exponen penting pada teknik ini antara lain Dennis Brown dan Horace Andy. Gaya vocal toasting ini untuk, berasal ketika DJ improvisasi selama menambahkan tracks, dan hal ini umumnya dianggap sebagai a precursor untuk Rap. Ini berbeda dari rap terutama di bahwa ini umumnya melodi, sedangkan rap umumnya lebih pada berbentuk pengucapan tanpa konten melodi.

Hubungan Ganja dengan Reggae

Hubungan Ganja dengan Reggae - "Tur..tur, tau nggak dapet barang nih dari mana?" seloroh temen memanggilku sambil menunjukkan gambar daun ganja.
"Lah, opo aku iki nggawe nguni iku? Ditangkep bapak Q dewe yo benjut aq!" timpalku tegas.
"Lha koen lak arek reggae se, lha kok gk nyimeng?. Yo gk mbois!!" selorohnya lagi.
"Gundulmu mbeldos!"

Itulah petikan perbincangan singkat versi bahasa jawa antara saya dan teman saya yang bernama Gimbul, bukan nama samaran. Saya cuma heran, kenapa masih ada saja yang beranggapan anak reggae itu selalu pake ganja (cannabis sativa)? Belum tentu lagi.

Ok. Tidak perlu panjang lebar. Sejatinya, orang yang suka musik reggae itu bukan penikmat ganja, ataupun sebaliknya.

Sejatinya, sebagian orang menganggap bahwa reggae identik dengan ganja karena ajaran rastafari. Yang mana, dalam ajaran tersebut menganjurkan bahwa pengikutnya diminta untuk menjauhi materialisme dan kembali hidup ke alam (back to nature).

Beberapa ajarannya adalah seperti memakan daging, dan dilarang memotong bagian tubuh. Salah satunya adalah dengan menggimbal rambut atau rambut gimbal atau dreadlock rasta (di Indonesia, budaya ini ada di Dataran Tinggi Dieng).

Selain itu, asap mariyuana juga dianjurkan untuk meditasi para rastafari. Dengan demikian, kegunaan ganja disini untuk ritual ajaran tersebut, bukan untuk senang-senang.

Namun, ganja dan musik reggae memang sangat identik. Terlebih dengan hadirnya musisi seperti Peter Tosh atau Bob Marley. Bahkan sebelum meninggal di saat masa-masa kritis, Bob Marley malah kerap menyedot ganjanya.

Mungkin sejak saat itulah, ganja menjadi selalu identik dengan reggae. Selain simbol daun ganja, reggae juga diidentikan dengan warna merah kuning hijau dan tentu, rambut gimbal.

#wes ngerti a koen mbul?
Meski dipandang sebagai salah satu narkotika, ganja juga memiliki beberapa khasiat di bidang kesehatan. Apa saja khasiatnya? Ntar aja yah, capek ngetik nih, mau nyimeng doloe.

Makna Merah Kuning Hijau di Reggae

Makna Merah Kuning Hijau di Reggae - Reggae menjadi salah satu aliran musik yang dipopulerkan oleh Bob Nesta Marley atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Bob Marley. Selain identik dengan rambut gimbal (dreadlock rasta), Reggae juga kerap identik dengan tiga warna. Merah, Kuning, dan Hijau. Apa makna dibalik tiga warna tersebut?

Tiga warna tersebut merupakan warna dasar bendera dari Rastafari. Rastafari ini berasal dari kata Ras Tafari, merupakan nama lahir dari Haile Selassie atau Ras Tafari Makkonen). Dia merupakan Raja Ethiopia yang dianggap sebagai titisan dari Lion of Judah atau Yesus.

Jadi, warna merah kuning hijau tersebut bukanlah berasal dari Jamaika, asal dari Bob Marley, melainkan dari bendera Ethiopia. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Duta Reggae Indonesia, Ras Muhammad.

Lantas, apa makna dibalik tiga warna tadi? Warna Merah merupakan simbol dari darah yang tumpah dari para pejuang di bumi. Sementara untuk warna kuning melambangkan emas atau kemakmuran yang ditawarkan oleh Afrika. Sedangkan untuk warna hijau adalah melambangkan dataran hijau di Benua Afrika.

Sejarah Musik Reggae

Kata reggae sebenarnya berasal dari logat afrika dari kata “ragged” yaitu gerakan seperti menghentak badan saat orang menari dengan iringan musik ska atau reggae. Reggae sendiri dipengaruhi oleh musik R&B, ROCK, CALYPSO, RHUMBA serta musik khas jamaika yang disebut mento.

Irama reggae sendiri berasal dari musik ska, yang cenderung memberi tekanan pada nada-nada lemah serta hentakan ritmik drum yang komplek. Tetapi ada yang membedakan musik ska dengan reggae,yaitu tempo musik reggae sedikit lebih lambat dan menonjolkan vocal yang yang berat seperti pada musik-musik chant serta diiringi oleh tetabuhan, cara menyanyi dan mistik dari rastafari.
Mengapa musik reggae itu terkesan dengan penampilan yang nggimbal ataupun lusuh? Kita telaah saja dari asal-muasal musik reggae yaitu berasal dari jalanan getho”perkampungan kaum rastafarian” di daerah jamaika. Mungkin hal itulah yang menyebabkan gaya rambut gimbal menghiasi para musisi di awal perjalanannya dan sarat dengan ajaran-ajaran rastafarian yang meng ”idealisaikan” kebebasan, perdamaian, keindahan ala dan gaya hidup bohemian.
Di indonesia sendiri,

musik ini di pelopori oleh imanez kemudian di susul oleh bung tony q. Musik yang dibawakan oleh keduanyapun sungguh kental dengan gaya-gaya musik bohemian, dengan irama real reggae, beliau sanggup mewarnai jajaran musik indonesia. Dia pun mucul sebagai pelopor band-band reggae lain, seperti steven and coconut trees yang mengusung musik reggae yang lebih modern. Jadi buat orang-orang yang masih awam dengan musik ini, janganlah berprasangka buruk kepada orang-orang yang mencintai musik ini (termasuk saya) hehehehehehe. Mungkin penampilan mereka terlihat apa-adanya dan agak berantakkan tetapi sesungguhnya dibalik itu semua terdapat filosofi-filosofi dari unsur kesederhanaan, kebebasan dan perdamaian.

Asal Muasal Djembe

Asal Muasal Djembe - Mungkin dapat dikatakan, musik reggae tidak bisa lepas dari salah satu alat musik yang satu ini. Ya, alat musim tersebut bernama Djembe.

Beragam nama lain dimiliki salah satu alat musim perkusi ini. Seperti jenbe/jyembe/jembe/jimbay/sanbanyi. Asal muasal djembe adalah dari daerah Afrika, tepatnya kerajaan Mali sekitar abad ke-12.

Kata Jembe berasal dari huruf Dj yang merupakan simbol bahwa bangsa Afrika pernah dijajah oleh Prancis. Sementara menurut bangsa Mali, djembe berasal dai kata Anke Dje yang berarti semua orang berkumpul bersama. Lantaran orang Prancis terbiasa menggunakan huruf J, maka lebih sering menggunakan kata Djembe. Konon, huruf J ini sebagai simbol mengingat masa penjajahan oleh Prancis.

Djembe sendiri merupakan sebuah kayu berbentuk gelas dan ditutup oleh kulit yang dikencangkan dengan tali. Pada masa lampau, alat ini dijadikan sebagai alat komunikasi antar desa. Seiring perkembangannya, Djembe kerap digunakan dalam upacara-upacara tradisional masyarakat Afrika.

Orang Afrika mempercayai adanya tiga kekuatan roh di dalam Djembe. Pertama, roh dari kayu yang menggambarkan kekuatan, ketegasan, penopang dan pelindung. Kedua, roh dari hewan (kulit) sebagai simbol kemakmuran dan kesejahteraan. Ketiga, menjadi wujud semangat dari pemgrajin Djembe.

Source: Wikipedia

Lirik Lagu Di Ujung Jalan - Samsons

Lirik Lagu Di Ujung Jalan - Samsons


Di ujung jalan ini
Aku menunggumu aku menantimu
Di tengah terik matahari
Aku menyanyikan kisah tentang kita
ahaa...aaa...

Alunan denting suara hati mengulas kembali
Jejak yang tlah lalu
Untaian makna yang tercipta
Aku abadikan ditempat terindah

Reff:
Tuhan kembalikan segalanya tentang dia seperti sedia kala          
Izinkan aku tuk memeluknya mungkin tuk terakhir kali
Agar aku dapat merasakan cinta ini selamanya

Ketika malam telah tiba
Aku menyadari kau takkan kembali

Reff:
Tuhan kembalikan segalanya tentang dia seperti sedia kala                
Izinkan aku tuk memeluknya mungkin tuk terakhir kali
Agar aku dapat merasakan cinta ini selamanya
selamanya,tentang kita
Izinkan aku,memeluknya selamanya

Ketika malam telah tiba
Aku menyadari kau takkan kembali

Lirik Lagu Masa Lalu - Inul Daratista

Lirik Lagu Masa Lalu - Inul Daratista


Kau kira tak menyakiti aku
Pabila dia menelponmu
Meskipun kau tlah resmi milikku
Karna dia bekas pacarmu

Kau kira hatiku tak cemburu
Di saat dia bersamamu
Ku takut terulang masa lalu
Karna dia bekas pacarmu

Jujur saja aku takut nanti
Kisah kasih masa lalu terulang lagi
Tak rela sungguh ku tak rela
Bila nanti ku harus kehilanganmu

Masa lalu biarlah masa lalu
Jangan kau ungkit jangan ingatkan aku
Masa lalu biarlah masa lalu
Sungguh hatiku tetap cemburu

Kau kira tak menyakiti aku
Pabila dia menelponmu
Meskipun kau tlah resmi milikku
Karna dia bekas pacarmu

Kau kira hatiku tak cemburu
Di saat dia bersamamu
Ku takut terulang masa lalu
Karna dia bekas pacarmu

Jujur saja aku takut nanti
Kisah kasih masa lalu terulang lagi
Tak rela sungguh ku tak rela
Bila nanti ku harus kehilanganmu

Masa lalu biarlah masa lalu
Jangan kau ungkit jangan ingatkan aku
Masa lalu biarlah masa lalu
Sungguh hatiku tetap cemburu

Jujur saja aku takut nanti
Kisah kasih masa lalu terulang lagi
Tak rela sungguh ku tak rela
Bila nanti ku harus kehilanganmu

Masa lalu biarlah masa lalu
Jangan kau ungkit jangan ingatkan aku
Masa lalu biarlah masa lalu
Sungguh hatiku tetap cemburu

Masa lalu biarlah masa lalu
Jangan kau ungkit jangan ingatkan aku
Masa lalu biarlah masa lalu
Sungguh hatiku tetap cemburu

Lirik Lagu Killing Me Inside - Jangan Pergi

Lirik Lagu Killing Me Inside - Jangan Pergi


Bila waktu takkan pernah bisa berhenti
Bila aku jatuh dan tak bisa bangun lagi
Bila aku terdiam dan tak bisa bicara (bicara)
Aku hanya ingin terlihat sempurna (sempurna)
Karena aku takkan sanggup

Jangan pergi, jangan pernah pergi lagi
Jangan takut, jangan pernah takut lagi
Aku takkan, aku takkan pernah lari
Jangan pergi, jangan pergi

Kita adalah mimpi yang nyata
Kita bisa merubah semua
Aku takkan pernah, takkan pernah bisa
Lupakan semua cerita kita woo

Jangan pergi, jangan pernah pergi lagi
Jangan takut, jangan pernah takut lagi
Aku takkan, aku takkan pernah lari
Jangan pergi, jangan pergi wooo jangan pergi

Jangan pergi, jangan pernah pergi lagi
Jangan takut, jangan pernah takut lagi
Aku takkan, aku takkan pernah lari
Jangan pergi, jangan pergi

Jangan pergi, jangan pernah pergi lagi
Jangan takut, jangan pernah takut lagi
Aku takkan, aku takkan pernah lari
Jangan pergi, jangan pergi

Lirik Lagu Park Shin Hye - Story (Ost The Heirs)

Lirik Lagu Story (Ost. The Heirs)
( Oleh Park Shin Hye )

barami na ansseureowo buseojideut gamssa nal anajuna bwa
baramdo neul honjaraseo chinguna doejago nal ttaraona bwa

nan gwaenchantago nan gwaenchantago amuri useo bwado

So tell me a story So tell me your sadness
nae maeumeul heundeureo gamandujil anha
So tell me a story I know that you're sorry
naege jocha sumgyeodun nae mameul dudeuryeo
So tell me a story

barami nae nune seuchyeo jagi ttaemunin cheok ul temyeon ullago

nan gwaenchantago nan gwaenchantago amuri malhaebwado

So tell me a story So tell me your sadness
nae maeumeul heundeureo gamandujil anha
So tell me a story, I know that you're sorry
naege jocha sumgyeodun nae mameul dudeuryeo
So tell me a story

So tell me a story So tell me your sadness
nae gaseumeul hejibeo nal ulge mandeureo
So tell me a story I know that you're sorry
dalbit dwie gamchwodun nae seulpeum mwonyago
geu ginagin yaegi

Lirik Lagu Sayang - SHAE

Lirik Lagu Sayang - SHAE


Sayang apa kabar dengan mu
Di sini ku merindukan kamu
Ku harap cinta mu takkan berubah
Karna di sini ku tetap untukmu

Sayang apa kabar dengan mu
Cobalah kamu telepon diriku
Ku rindu dengar suara indahmu
Karna dirimulah semangat hidupku

Sayang dengarlah permintaan ku
Jangan ragu kan cintaku
Sayang percayalah apa kataku
Karna ku sayang kamu

Sayang dengarlah permintaanku
Jaga hatimu untukku
Sayang dengarlah bisikan hatiku
Karna ku sayang kamu

aaaa...

Sayang apa kabar dengan mu
Di sini ku merindukan kamu
Ku harap cinta mu takkan berubah
Karna di sini ku tetap untukmu

Sayang apa kabar dengan mu
Cobalah kamu telepon diriku
Ku rindu dengar suara indahmu
Karna dirimulah semangat hidupku

Sayang dengarlah permintaan ku
Jangan ragu kan cintaku
Sayang percayalah apa kataku
Karna ku sayang kamu

Sayang dengarlah permintaanku
Jaga hatimu untukku
Sayang dengarlah bisikan hatiku
Karna ku sayang kamu

Sayang dengarlah permintaan ku
Jangan ragu kan cintaku
Sayang percayalah apa kataku
Karna ku sayang kamu

Sayang dengarlah permintaanku
Jaga hatimu untukku
Sayang dengarlah bisikan hatiku
Karna ku sayang kamu

Jangan ragu kan cintaku
Percaya sayangku
Jaga hatimu untukku
Ku menyayangimu...

Semangat hidupku
Ku tetap untukmu
Cintaku selalu
Milikmu...
Karna ku sayang kamu