Asal Muasal Djembe

Asal Muasal Djembe - Mungkin dapat dikatakan, musik reggae tidak bisa lepas dari salah satu alat musik yang satu ini. Ya, alat musim tersebut bernama Djembe.

Beragam nama lain dimiliki salah satu alat musim perkusi ini. Seperti jenbe/jyembe/jembe/jimbay/sanbanyi. Asal muasal djembe adalah dari daerah Afrika, tepatnya kerajaan Mali sekitar abad ke-12.

Kata Jembe berasal dari huruf Dj yang merupakan simbol bahwa bangsa Afrika pernah dijajah oleh Prancis. Sementara menurut bangsa Mali, djembe berasal dai kata Anke Dje yang berarti semua orang berkumpul bersama. Lantaran orang Prancis terbiasa menggunakan huruf J, maka lebih sering menggunakan kata Djembe. Konon, huruf J ini sebagai simbol mengingat masa penjajahan oleh Prancis.

Djembe sendiri merupakan sebuah kayu berbentuk gelas dan ditutup oleh kulit yang dikencangkan dengan tali. Pada masa lampau, alat ini dijadikan sebagai alat komunikasi antar desa. Seiring perkembangannya, Djembe kerap digunakan dalam upacara-upacara tradisional masyarakat Afrika.

Orang Afrika mempercayai adanya tiga kekuatan roh di dalam Djembe. Pertama, roh dari kayu yang menggambarkan kekuatan, ketegasan, penopang dan pelindung. Kedua, roh dari hewan (kulit) sebagai simbol kemakmuran dan kesejahteraan. Ketiga, menjadi wujud semangat dari pemgrajin Djembe.

Source: Wikipedia

0 komentar:

Poskan Komentar