Makna Merah Kuning Hijau di Reggae

Makna Merah Kuning Hijau di Reggae - Reggae menjadi salah satu aliran musik yang dipopulerkan oleh Bob Nesta Marley atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Bob Marley. Selain identik dengan rambut gimbal (dreadlock rasta), Reggae juga kerap identik dengan tiga warna. Merah, Kuning, dan Hijau. Apa makna dibalik tiga warna tersebut?

Tiga warna tersebut merupakan warna dasar bendera dari Rastafari. Rastafari ini berasal dari kata Ras Tafari, merupakan nama lahir dari Haile Selassie atau Ras Tafari Makkonen). Dia merupakan Raja Ethiopia yang dianggap sebagai titisan dari Lion of Judah atau Yesus.

Jadi, warna merah kuning hijau tersebut bukanlah berasal dari Jamaika, asal dari Bob Marley, melainkan dari bendera Ethiopia. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Duta Reggae Indonesia, Ras Muhammad.

Lantas, apa makna dibalik tiga warna tadi? Warna Merah merupakan simbol dari darah yang tumpah dari para pejuang di bumi. Sementara untuk warna kuning melambangkan emas atau kemakmuran yang ditawarkan oleh Afrika. Sedangkan untuk warna hijau adalah melambangkan dataran hijau di Benua Afrika.

0 komentar:

Posting Komentar