Tips Merawat Rambut Gimbal

Tips Merawat Rambut Gimbal - Reggae memang kerap identik dengan gaya rambut gimbal. Gaya rambut semacam ini bisa disebut dengan dreadlocks. Namun, bagi kebanyakan orang, memiliki rambut gimbal akan cukup sulit dalam melakukan perawatan. Berikut adalah tips untuk merawat rambut gimbal seperti dikutip dari indoreggae.com.

1. Para pakar rambut menyarankan agar tidak membasahi rambu selama empat hingga enam minggu setelah rambut digimbal. Dalam waktu tersebut, kulit kepala akan terasa gatal dan sangat kotor. Untuk mengatasinya, pilih produk perawatan kulit kepala yang tidak menyumbat pori, seperti anti-itch scalp oil dan organic root stimulator herbal cleanser. Selanjutnya, tuangkan dua produk tersebut masing-masing sebanyak satu tetes pada sehelai kapas lalu oleskan sedikit demi sedikit ke kulit kepala.

2. Ketika masa awal penggimbalan, minta bantuan profesional dalam melakukan perawatan agar rambut tetap terlihat rapi dan terawat.

3. Agar rambut tidak kusam, jauhi produk yang mengandung kadar minyak cukup tinggi, seperti petroleum jelly dan petroalum. Produk tersebut dapat berakibat pada penumpukan residu yang bisa merusak gimbal.

4. Banyak pemahaman yang mengatakan bahwa lilin (wax)membantu merawat rambut gimbal. Namun, hal ini sangat tidak disarankan karena wax dapat menyebabkan penumpukan residu dan ujungnya bisa menumpuk debu disela-sela rambut. Sebagai gantinya adalah minyak alami rambut seperti patchouli atau essential oils seperti tea tree oil, rosemary oil atau jojoba oil.

5. Agar gimbal tak rusak, sebaiknya gunakan penutup yang longgar terbuat dari satin atau sutra ketika hendak tidur. Selain itu, bahan polyster juga pilihan yang baik karena rambut tetap dapat bernafas meski dalam keadaan tertutup.

6. Frekuensi keramas dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ketika membasuh kulit kepala, pijat secara lembut agar gimbal tidak kusut.

7. Untuk shampoo, pergunakan produk yang mampu menjaga kelembapan alami serta menjaga keasaman rambut.

0 komentar:

Poskan Komentar