Tokoh Musik Reggae

Tokoh Musik Reggae - Sarat akan musik bertema sosial, perdamaian, dan penuh cinta masuk dalam kemasan aliran musik yang bernama Reggae.Musik yang berasal dari Jamaika ini memasukkan ketukan putus-putus, strumming gitar ke atas, serta vokal yang bergaya seperti khutbah.

Itulah sekilas pemahaman saya mengenai Reggae ini. Ketika orang ditanya, siapakah raja nya Reggae itu? mungkin banyak yang akan mengatakan Bob Marley. Selain Bob Marley, tentu banyak musisi dunia termasuk Tanah Air yang memilih musik reggae sebagai alirannya. Berikut adalah sebagian tokoh yang lekat dengan musik Reggae:

Bob Marley
Siapa yang tidak kenal dengan pria bernama lengkap Robert Nesta Marley. Ya, dia adalah pelopor lahirnya musik reggae yang akrab ditelinga kita dengan nama Bob Marley. Pria kelahiran Jamaika, 06 Februari 1945 ini sukses memperkenalkan musik reggae ke seluruh belahan dunia.

Selain beberapa album yang telah dirilisnya, Bob Marley juga pernah menyabet beberapa penghargaan berkat reggaenya ini. Seperti Grammy Lifetime Achievement Award, Hollywood Walk of Fame, dan berbagai penghargaan lainnya.

Selain reggae sebagai musiknya, Bob Marley juga membawa aliran ini untuk mempromosikan kebudayaan serta perdamaian di Jamaikan ketika itu.

Peter Tosh
Peter Tosh lahir dengan nama asli Winston Hubert McIntosh di Grange Hill, Jamaika, 9 Oktober 1944. Sedikit berbeda dengan Bob Marley yang idealis, Peter Tosh menyebut dirinya sebagai seorang revolusioner. Ia bahkan dijuluki sebagai "Steppi Razor" lantaran kebenciannya terhadap politik.

Sayang, Peter  Tosh wafat di tahun 1987. Meninggalnya Peter Tosh ini disebabkan oleh aksi perampokan yang dilakukan Dennis Lobban dkk.

Imanez "Si Anak Pantai"
Imanez lahir dengan nama lengkap Abdul Firman Saad. Dia merupakan salah satu inspirator pecinta musik reggae di Indonesia. Berkat keahliannya dalam bermusik, Imanez mampu memberi warna dalam industri musik di era 1990-an.

Imanez merupakan mantan vokalis dan bassist dari grup musik beken di Indonesia, Slank, sebelum masuk rekaman di tahun 1987.

Selain Anak Pantai, beberapa lagu berirama reggae telah diciptakannya. Seperti Ikan Bakar, Sunset, Tequila Sunrise, Playboy, Tropikal Rembulan dan Samalona.

Tony Q Rastafara
Lahir di Semarang, Jawa Tengah, 27 April 1961 dengan nama Tony Waluyo Sukmoasih, Tony Q Rastafara tak dapat dilepaskan dari perkembangan musik reggae di Indonesia.

Bahkan, ia cukup berhasil ketika memadukan musik reggae dengan musik tradisional khas Indonesia. Sebagai bukti, salah satu lagu yang berjudul Pat Gulipat, berhasil masuk dalam album kompilasi musim dunia. Dengan kehebatannya dalam bermusik reggae ini, Tony Q dan bandnya, Rastafara, mampu mengharumkan musik reggae Indonesia di kancah internasional.

Steven and Coconut treez
Musik reggae semakin dikenal di Tanah Air dengan datangnya grup band satu ini. Dengan lagu-lagu yang bertemakan sosial seperti pada umumnya musik reggae, album milik Steven and Coconut treez mendapat respon positif dari pecinta musik tanah air.

Di album terakhir, Feel The Vibration (2010), Steven kembali hadir dengan side project bernama Steven Jam. Irama reggae yang disertai dengan distorsi dan brass menonjol dalam album ini.

Ras Muhamad.
Dia lahir dengan nama Muhamad Egar. Sewaktu melakoni pendidikan di Brooklyn, pria kelahiran 29 Oktober 1982 ini kemudian mengganti namanya menjadi Ras Muhammad. Kata Ras sendiri bermakna Bung dalam kosa kata bahasa Jamaika.

Ditengah-tengah studinya tersebut, Ras mulai mengenal musik reggae di Amerika. Bahkan, akibat keseringan nongkrong dan bermusik reggae, studinya harus molor setahun. Pada tahun 1999 Ras Muhammad mulai menggimbal rambutnya.

Sepulangnya ke Indonesia pada 2005 silam, Ras langsung tancap gas dengan membuat album. Seperti Declaration of Truth (2005), dan Reggae Ambassador (2007).

Masih banyak tokoh lain dalam musik Reggae ini. Seperti Lee "Scratch' Perry, Pablo Musa, Shaggy, dan masih banyak lagi.

0 komentar:

Poskan Komentar